VR(Virtual Reality) dan AR(Augmented Reality)

VR(Virtual Reality) dan AR(Augmented Reality)


Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang memungkinkan user dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan berdimensi 3 yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu objek nyata atau imajinasi, sehingga membuat user seolah-olah terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut. Sedangkan Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda maya (baik berdimensi 2 dan/atau berdimensi 3) dan benda-benda nyata ke dalam sebuah lingkungan nyata berdimensi 3, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata agar terintegrasi dan berjalan secara interaktif dalam dunia nyata.

Seperti yang kita ketahui, para vendor teknologi saat ini semakin berlomba untuk mengembangkan smartphone yang support dengan perangkat VR. Tapi hal tersebut masih banyak kelemahan, terutama pada hal kualitas yang mereka hasilkan. Berbeda dengan VR yang memindahkan orang lain ke dunia lain teknologi Augmented Reality (AR) memberi tampilan virtual di dalam dunia nyata. Karena tidak menghilangkan tampilan dari dunia nyata (IRL), beberapa orang menganggap bahwa AR lebih ‘aman’ dibandingkan dengan VR karena AR hanya menambahkan tampilan virtual di area sekeliling kita.

Kebanyakan VR digunakan sebagai alat bermain dibandingkan untuk hal lain seperti komunikasi dan lain - lain. Sebagai contoh, VR digunakan untuk bermain game untuk mendapat suasana, bahwa anda ada di dalam game tersebut. dan dengan semakin meningkatnya popularitas Video Games. Namun, untuk AR belum banyak perkembangan yang terjadi karena teknologi kita belum dapat menyempurnakannya. Namun, AR yang sangat terkenal dan sudah sempurna adalah Pokemon Go. Dalam game ini anda menangkap binatang yang ada di sekitar anda, dengan menggunakan Smartphone anda. Game tersebut mendapatkan banyak sekali pemain dan menjadi terkenal sejak dirilis.

Penggunaan VR dan AR sebenarnya sudah mulai dilakukan sejak dulu, contohnya pada pembuatan simulasi pesawat terbang bagi pilot. Namun saat ini teknologi VR dan AR lebih banyak diketahui sebagai alat untuk bermain game. Penggabungan teknologi VR (virtual reality) dan AR (augmented reality) kemungkinan menjadi jalan bagi jagad game atau permainan di masa depan. Teknologi gabungan atau hibrida antara AR dan VR menjadi kemungkinan yang menjanjikan bagi masa depan tidak hanya di bidang game saja namun juga di segala aspek.

Dewasa ini Teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) diterapkan diberbagai aplikasi oleh beberapa pengembang untuk menunjukan produknya tidak terbatas oleh perusahaan besar saja, namun juga para start up dan pengusaha muda, sehingga diprediksi Teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) akan terus berkembang. Untuk saat ini, VR dan AR kebanyakan digunakan untuk Bermain, namun hal tersebut dapat berubah dimasa depan. Tour Murah

Komentar