Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi


pada Zaman dulu orang ber komunikasi menggunakan bahasa tubuh dalam komunikasiyang merujuk pada komunikasi nonverbal atau menggunakan petunjuk lain yang sifatnya visual sebagai bentuk komunikasi jarak jauh seperti asap atau bendera.   Tour Murah 

Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi yang dibutuhkan untuk mengolah atau memproses informasi khususnya penggunaan komputer elektronik, peralatan komunikasi, dan penerapan perangkat lunak untuk mengkonversi, menyimpan, melindungi, memproses, mengirimkan, dan menerima informasi dari manapun setiap saat. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan dasar bagi ekonomi dan mendorong perubahan sosial di abad 21. 

Berikut adalah beberapa diantaranya Peralatan teknologi informasi dan komunikasi.

1. Komputer
Komputer adalah salah satu teknologi informasi yang berkembang dengan sangat cepat. Komputer adalah salah satu alat elektronik dan alat mekanik yang memungkinkan untuk membawa fungsi-fungsi matematika ke tingakatan yang lebih tinggi dan akurat. Komputer memiliki kemampuan untuk menyimpan dan memproses sejumlah informasi dan menampilkan kalkulasi melalui mesin pengolah data. Fungsi utama komputer adalah komputasi, penyimpanan informasi, komunikasi dan pengawasan.

2.Telegraf
Telegraf adalah sistem komunikasi yang kini semakin ditinggalkan penggunaannya, kecuali dalam bidang pelayaran dan militer. Telegraf merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengirimkan pesan  dengan menggunakan kabel dan listrik atau radio. Mesin teleostereograph, pelopor untuk faks elektronik modern, dikembangkan oleh AT & T Bell Labs pada tahun 1920, namun penggunaan komersial pertama perangkat telegraf gambar faksimili adalah pada 1800-an. Ini dibuat oleh Samuel FB Morse (coinventor kode Morse).

3. Radio
Radio adalah salah satu teknologi informasi yang menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan informasi seperti suara dengan cara mengatur secara sistematis sifat-sifat gelombang energi elektromagnetik yang ditransmisikan melalui ruang angkasa seperti amplitudo, frekuensi, fase, dan lain-lain. Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

4. Televisi 
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Televisi memiliki karakteristik komunikasi massa, karakteristik media massa, dan karakteristik media penyiaran sekaligus. Karakteristik media televisi tersebut menjadikan televisi sebagai salah satu media massa yang sangat mahal. Selain itu, televisi juga dapat diartikan sebagai perangkat televisi, berbagai jenis program televisi, atau media transmisi televisi. Televisi umumnya ditujukan untuk hiburan, pendidikan, berita, politik, gossip, dan periklanan.

5. Telepon 
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Sejarah perkembangan telepon dimulai saat telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 dan dikembangkan lebih lanjut oleh Thomas Alfa Edison.

6. Satelit komunikasi
Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang berfungsi untuk mengirimkan dan menguatkan sinyal telekomunikasi radio melalui transponder. Satelit komunikasi menciptakan sebuah saluran komunikasi antara sumber pemancar dan penerima di lokasi yang berbeda di Bumi. Satelit komunikasi digunakan untuk televisi, telepon, radio, internet, dan militer.

7. Internet
Internet adalah sistem global yang terdiri dari computer dan jaringan computer yang saling berhubungan, yang berkomunikasi dengan menggunakan protocol TCP/IP. Meskipun pada awalnya internet dimaksudkan untuk pertukaran data sederhana, kini internet telah berkembang mempengaruhi seluruh domain masyarakat, seperti ekonomi, sosialisasi, informasi, layanan kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.


Komentar